Tempat donlot dan info seputar Dunia Online.

Tips Cara Ambil Harga Pengiriman (Ongkos Kirim) JNE dengan PHP

3 komentar

Setelah melakukan pencarian panjang akhirnya saya menemukan apa yang saya cari , yaitu : cara menghitung biaya pengiriman JNE.

Awalnya saya search di google dengan keyword “JNE API”. Mengejutkan hasilnya, ternyata JNE tidak mengeluarkan atau membuat API. Entah dengan alasan apa perusahaan pengiriman itu memproteksi diri untuk tidak membuat API. Bahkan sekarang teknik-teknik lama sudah tidak bisa digunakan karena adanya captcha di web nya JNE(padahal dulu gak ada). Semakin jelas kan klo JNE memang memproteksi diri.

Stop. dari beberapa hasil pencarian google dengan keyword di atas akhirnya saya “nyasar” di http://api.ongkir.info/docs/index.html dan inilah yang saya cari-cari selama ini.

Di bagian paling bawah web ongkir.info ada tulisan “Ongkir.Info tidak berafiliasi dengan perusahaan yang disebutkan.” WTF?? Saya heran justru web/orang lain malah yang membuat API JNE.

Ok, cukup sampai sini kejengkelan saya terhadap JNE. Kita lanjut bagaimana cara memanfaatkan API yang diberikan oleh ongkir.info ini ?

 pertama silahkan baca disini http://api.ongkir.info/docs/starting.html

Selanjutnya, lakukan registrasi di http://api.ongkir.info/akun/registrasi

Setalah mendapakan email verifikasi dari ongkir.info maka login ke http://api.ongkir.info/akun/login Jika login sukses maka anda akan mendapatkan API-Key berupa deretan karakter sepanjang 32, digunakan untuk validasi pemanggilan API.

selanjutnya untuk memudahkan penggunaan API Ongkir.Info, telah disediakan pustaka (library) Anda dapat mendownload di http://api.ongkir.info/docs/example/...hp_sample.html. buat file baru dengan nama class.php, copy paste script php di bagian Wrapper untuk API City dan Wrapper untuk API Cost.

 Berikut ini file class.php yang sudah di modifikasi sedikit :



Setelah itu buat lah form kira-kira tamplannya seperti ini:
Form di atas akan saya padukan dengan JQuery Autocomplete agar memudahkan kita mengetikkan nama-nama kota.

Buatlah file baru beri nama index.php :

Click.

terakhir buat file data.php untuk lookup data kota asal dan kota tujuan.

Click

Berikut SS dari script di atas :

Sekian sedikit sharing dari saya tentang cara menghitung Ongkos Kirim via JNE.
^^ SEMOGA BERMANFAAT ^^

Source
untuk versi online nya bisa kesini

3 komentar :

  1. wah keren sekali :D

    untuk api dari tiki, pos ada gak ya?

    BalasHapus
  2. Kalau untuk blog gimana ya bang?.. saya ingin masukkan di www.tupperware-tangerang.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bisa ngambil, ongkos kirim dari jne, tiki, dan pos, tongkrongin saya di loefa-cebook.com mba,, nanti templatenya saya bagikan. ehehehe

      Hapus