Tempat donlot dan info seputar Dunia Online.

4 Cara Hilangkan Kebiasaan Gila Belanja

Tidak ada komentar


Belanja atau membeli sesuatu adalah salah satu kegiatan yang sulit untuk ditolak, terutama jika Anda sudah lama menggilainya. Kecanduan akan perasaan senang saat bisa membeli dan akhirnya mendapatkan suatu barang terkadang memang tak ternilai. Tapi sayangnya, shopaholic bisa berakibat buruk pada keuangan Anda. Ini dia 4 cara untuk mengurangi kebiasaan gila belanja Anda itu.

1. Kenali pemicunya

Temukan apa yang memicu keinginan Anda untuk berbelanja. Apakah rasa bosan, rasa bersalah, rasa malu, atau rasa marah? Tulis buku harian atau catatan elektronik dan catat apa saja yang bisa memicu Anda berbelanja.

2. Temukan kebutuhan yang dipenuhi oleh kegiatan belanja

Belanja memenuhi kebutuhan psikologis Anda. Karena itulah, Anda sering belanja untuk memenuhi kebutuhan itu. Apakah belanja membantu Anda mengurangi rasa sakit atau justru Anda belanja untuk membuat Anda menawarkan kebahagiaan yang tidak bisa Anda dapatkan. Untuk dapat sembuh, Anda perlu menemukan dulu kebutuhan apa yang dipenuhi oleh belanja.

3. Ganti belanja dengan sesuatu yang lebih sehat

Alihkan kegilaanmu akan belanja dengan sesuatu yang lain dan yang lebih sehat. Misalnya dengan berolahraga atau membaca buku. Pastikan hal lain itu tidak hanya sehat tapi juga bisa memenuhi kebutuhan psikologis Anda yang selalu disediakan dengan belanja.

4. Ganti lingkungan Anda

Salah satu kesulitan menghentikan kecanduan adalah godaan yang datang dari segala arah. Oleh karena itu, gantilah lingkungan Anda dan jauhkan diri Anda dari tempat-tempat perbelanjaan. Buatlah daftar tempat-tempat yang boleh dan tidak boleh Anda kunjungi. Hindari juga televisi dan majalah sebisa mungkin.(CBNNews/ms)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar