Tempat donlot dan info seputar Dunia Online.

SEO For Toko Online 2013

Tidak ada komentar


SEO di tahun 2013 memang semakin susah dengan banyaknya update dari Google, terutama Google pengun dan EMD update. Banyak toko online yang mengandalkan EMD semakin kehilangan traffic karena quality score onpage dan kualitas offpage SEOnya berkurang.

Berikut adalah summary tentang bagaimana mengelola toko online agar bagus SERPnya.


anyak orang bilang ecommerce sangat susah di optimisasi ternyata tidak sepenuhnya benar. Dengan bantuan tools gratisan seperti GKT dan Google trends sebenarnya sudah sangat cukup. Berikut summary untuk ecommerce onpage:

  1.  Mulai dengan produk, artinya riset produk anda dengan GKT, dan Google trends. Jika produk anda mempunyai search volume yang rendah, jangan putus asa, anda tetap bisa mengoptimisasikannya. Caranya cukup simple, dengan mengambil manfaat dari produk tersebut. Sebagai contoh anda menjual produk dengan nama "abc def" dan "abc def" mempunyai search volume rendah. Maka jangan fokuskan keyword ke "abc def" tapi lebih fokuskan ke manfaat atau bagaimana produk "abc def" bisa berguna.
  2.  Setelah mengetahui manfaat produk tersebut buatlah deskripsi unik dan lengkap (biasanya 350 kata atau lebih) tentang produk itu dan manfaatnya, lagi lagi fokuskan ke manfaatnya.
  3. Tambahkan spesifikasi yang lengkap dan terpercaya, jangan hanya copy paste dari vendor atau pabrikan. Jelaskan juga kenapa dengan spesifikasi tersebut produk anda bisa berguna.
  4. Tambahkan juga gambar yang lengkap dan menarik jangan lupa dilengkapi dengan alt tag.
  5. Tambahkan video review, tidak perlu membuat sendiri, cukup ambil dari youtube dan di embed ke website kita.
  6. Biasakan memakai semantic web markup pada product name, product description dan product price, seperti microdata schema.org, Good Relation ataupun RDFa, kalau agan belum familiar dengan markup language silahkan googling aja, banyak sekali plugin dan tutorialnya.
  7. Integrasikan dengan Google Rich Snippet, terutama rich snippet review (agregator review bukan yang self review). Agan bisa menambahkan user agregator review pada halaman product, selain bagus buat meningkatkan CTR juga bisa menambah related content dari user review.
  8. Integrasikan dengan social media seperti FB dan twitter. Jika memungkinkan pakailah Facebook Opengraph protocol pada setiap product page.
  9. Jangan lupakan Google+, selalu integrasikan Google+ (page bukan profile). Buat dedicated page untuk toko online dan integrasikan dengan halaman produk.
  10. Gunakan SEO text pada setiap kategori. Apa itu SEO text? nah seo text pada dasarnya adalah konten tentang kategori tersebut. Daripada menampilkan hanya listing produk di category agan bisa menambahkan text yang mengandung (men target) keywords tertentu. Kalau agan kuatir dengan estetika maka gunakanlah Jquery untuk SEO text, tampilkan hanya judul SEO text, ketika di click maka akan expand dan menampilkan seo text secara penuh.
  11. Gunakan related product, related product berguna sebagai interlinking di setiap halaman toko online agan.
  12. Gunakan product sitemap khusus untuk product anda. banyak sekali sitemap generator yang bisa anda gunakan, set priority ke maximum untuk produk.
Social Media
Social media dan SEO di 2013 tidak bisa dipisahkan, so bangunlah social media dengan benar.
  1. Buat beberapa page di facebook, 1. official, 2. community terkait product
  2. Bost yang community, arahkan ke FP official
  3. Di official jangan hard selling, tetapi posting yang berguna buat user. (1 post info, 1 post product, 1 post joke, 1 post news dll)
  4. Jangan spamming, 3-6 post per day sudah cukup
  5. Amati jam jam "sibuk" di social media untuk post info product
  6. Buat kuis kecil kecilan dengan hadiah semacam kaos resmi toko anda (dengan brand toko anda) sangat berguna untuk brand awareness
  7. Layani user sebagi manusia jangan sebagai robot atau bot
  8. Perhatikan user, pilih gaya bahasa yang pas
Nah setelah blog dan main website punya konten, traffic yang stabil, tingkatkan terus kualitas konten blog, sharing berbagai macam info, tips, insight, infographic, video review, hot product, trends dll. Cara yang kedua lebih ke "link bait". yaitu merangsang blogger, user dll untuk sharing konten kita ke orang lain, ke komunitas, social media, ditulis di blog, dipakai sebagai acuan atau bahkan merekomendasikan ke orang lain.

Good content --> User Sharing --> Link Bait --> Viral Marketing --> Brand Awareness

Kira kira garis besarnya seperti diatas, masalah teknis bisa agan cari di forum IM ini sudah banyak yang sharin.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar