Tempat donlot dan info seputar Dunia Online.

Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar

Tidak ada komentar
Sahabat blogger saya akan memberikan tips agar sahabat blogger laptop nya tahan lama ampe akhir jaman.Nah simak nih tips berikut :

1. Sirkulasi udara

Udara segar merupakan sebuah keharusan ketika Anda menggunakan notebook. Hindari mengunakan notebook di tempat lunak seperti di pangkuan kaki, selimut, bantal, dan lain sebagainya. Penggunaan di tempat lunak akan membuat sirkulasi udara masuk terganggu. Tempat lunak akan membuat lekukan yang akan mengakibatkan hal tersebut. Bila Anda gemar menggunakan notebook di tempat tidur, usahakan menggunakan sesuatu yang keras sebagai alas untuk notebook tersebut. Saran kami, gunakan pendingin tambahan bila bekerja di meja karena akan menurunkan suhu notebook secara keseluruhan.

2. Gunakan Meja yang Ergonomik

Untuk kenyamanan penggunaan notebook dalam waktu yang lama, Anda bisa membeli meja khusus yang memang didesain secara ergonomik demi kenyamanan penggunaan notebook dalan jangka waktu lama.

3. Simpan ditempat sejuk

Penempatan notebook juga memberikan dampak pada baterai. Jangan menempatkan atau menyimpan notebook di tempat yang panas, seperti meninggalkan di dalam mobil yang terjemur terik matahari. Ada baiknya bila Anda membiarkan notebook tersebut pada suhu ruangan yang ideal untuk menghindari kerusakan fatal. Suhu ideal untuk sebuah baterai lithium ion ketika digunakan adalah di kisaran suhu 20 – 25 derajat Celcius.

4. Mengisi baterai dengan tepat


Isi baterai notebook Anda selama 12 jam, saat pertama kali menggunakan notebook yang baru dibeli. Setelah itu, Anda dapat menggunakan notebook tersebut sampai baterai menunjukkan indikator di mana Anda harus melakukan charging lagi. Lakukan hal ini sampai 3 kali (isi penuh, kemudian kosongkan). Hal ini juga berlaku kepada baterai yang cukup lama disimpan untuk beberapa waktu. Bila Anda menemukan gejala baterai notebook harus di charge beberapa kali dalam sehari, segera ganti baterai tersebut dengan unit baru.

5. Pengunaan se-efektif mungkin

Matikan semua aplikasi yang tidak digunakan seperti multitasking, penggunaan optical drive, speaker, melakukan download, menginstal aplikasi, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda dapat mengirit daya baterai lebih lama dan baterai juga terhindar dari keharusan memberikan daya yang besar pada notebook. Selain itu redupkan layar hingga 10 – 25 persen.

6.Kurangi Bermain Game dengan Notebook

Minimalisir bermain game dengan menggunakan keyboard notebook. Dalam sebuah game biasanya hanya tombol-tombol tertentu saja yang ditekan. Belum lagi kadang-kadang kita menekan tombol terlalu kencang dan dengan repetisi yang ekstrim saat bermain game. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sebagian pada keyboard notebook Anda. Untuk bermain game lebih baik membeli input device tambahan, seperti keyboard external atau joystick.Walaupun yang Anda gunakan adalah notebook khusus gaming, tidak semua keyboardnya memiliki desain dan ketahanan sebaik keyboard gaming biasa.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar