Tempat donlot dan info seputar Dunia Online.

Langkah pertama Untuk Bisnis Online

Tidak ada komentar
Bagi anda yang belum terbiasa dengan cara memasarkan produk atau jasa melalui perantara media online tentunya penasaran dan bertanya-tanya, bagaimana cara UKM untuk memulai bisnis online yang menguntungkan. Pada artikel ini, redaksi akan mengungkapkan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) berdasarkan pengalaman praktis yang telah dilakukan.
Artikel yang ditulis ini merupakan rangkaian berseri yang dapat Anda simak secara bertahap. Mulai dari konsep sampai dengan teknis apa saja yang perlu dilakukan untuk menjalankan bisnis online.
Mengingat luasnya cakupan bisnis online, ada beberapa asumsi yang perlu diketahui terkait paparan pada artikel ini:
– Bisnis online yang dijalankan dan menjadi contoh pada rangkaian artikel bisnis online untuk ukm ini berupa toko online yang menggunakan website sebagai media promosi.
– Cara promosi dilakukan menggunakan cara SEO dan media sosial seperti facebook.
Bagaimana-ukm-memulai-bisnis-online
Tahapan Bisnis Online
Menjalankan bisnis online pada dasarnya memiliki tahapan yang tidak berubah dari waktu ke waktu. Mengutip dari artikel tantangan 30 hari, ada 4 hal yang berkaitan untuk dilakukan pada saat melakukan bisnis online, yaitu; Riset, Trafik, Konversi, Produk. Keberhasilan di bisnis online 95% adalah karena melakukan empat hal diatas. Keempat hal tersebut diistilahkan sebagai “Magnificient Simpony”.
Riset pasar adalah hal pertama yang harus kita lakukan ketika kita ingin membuat sebuah situs yang berhasil. Hasil riset akan menginformasikan kepada kita apakah produk atau jasa yang akan kita buat ada pencarinya. Ada banyak alat bantu yang bisa digunakan untuk melakukan riset secara online dan tersedia gratis untuk dimanfaatkan, salah satunya adalah tools dari google yaitu Keyword Planner. Hasil dari riset ini diantaranya adalah mengumpulkan dan menentukan kata kunci yang akan dibidik untuk kita jalankan bisnisnya.

Setelah kita mengetahui ada pencarinya, maka kita cari tahu juga berapa banyak trafik yang ada untuk produk atau jasa tersebut.Trafik dapat kita perkirakan dari hasil riset yang dilakukan dengan keyword planner.
Dari trafik kemudian kita bisa memperkirakan dan menghitung berapa banyak konversi trafik yang ada untuk menjadi pasar potensial kita.

Nah, kalo sudah jelas ketiga poin diatas kita tinggal merancang produk apa yang akan kita online-kan. Jadi berkaitan dengan produk, sebetulnya kita bisa melakukan bisnis online ini tanpa memutuskan terlebih dulu produk apa yang akan kita promosikan. Namun, jika saat ini Anda sudah memiliki produk sendiri, tahapan -tahapan sebagaimana yang dijelaskan diatas tetap harus dilakukan,

Tidak ada komentar :

Posting Komentar